Rabu, 01 Mei 2013

KKPK: My Friend My Trouble


doc. pribadi

 Judul : My Friend My Trouble
Penulis: Kinta (12 thn)
Editor: Dadan Ramadhan dan Rini
Ilustr. sampul: Asep Vess
Ilust. isi: Dadang Rahmat
Desain sampul dan isi: Iwan Yuswandi
Proofreader: Reza Sukma N dan Ikhmah Umaida
Penerbit Dar!Mizan
Cet I - 2013

Buku pertama hasil editan saya (di bawah bimbingan Kang Rama) yang akhirnya terbit. Banyak cerita yang mengiringi saat mengedit. Biasanya saya mengedit buku anak yang ditulis oleh orang dewasa. Ternyata memang ada perbedaan signifikan mengedit tulisan anak-anak. Kalau orang bilang mengedit tulisan anak itu gampang, itu sungguh salah besar. Ada beberapa poin yang membuat editor harus mengernyit saat mengedit. Pertama, logika anak-anak tidak sama dengan orang dewasa. Editor harus memahami hal ini.
Kedua, imajinasi anak, sungguh menakjubkan, hingga kadang membuat editor seumuran saya harus ikut masuk dalam imajinasi mereka, mengenang masa kecil kita sendiri. Nah, saat kultur dan kehidupan sosial serta tren sangat jauh berbeda, editor harus mencari cara pendekatan lain. Paling gampang ya membaca buku-buku sejenis, sekilas melihat tren anak di televisi, atau mengintip akun para penulis cilik dan cara mereka berinteraksi.
Ketiga, kejelian dan kepekaan terhadap apa yang patut dan tidak bagi anak-anak. Editor (saya) harus peka terhadap penggunaan kata, misalnya kata sapaan terhadap orang yang lebih tua, guru, dan sebagainya, karena kadang anak-anak sekarang "keseleo" menulis sapaan.

Terus terang saya cukup terkejut dengan ide Kinta dalam novelnya. Tema persahabatan mungkin sudah banyak diangkat, tetapi bagaimana Kinta meliuk-liukkan cerita, itu yang menarik. Menulis sepanjang 45-an halaman juga bukan hal yang mudah, bahkan bagi orang dewasa. Butuh kesabaran, ketekunan, dan semangat. Jadi, selamat buat Kinta untuk buku ke-4 nya. Semoga dia terus konsisten menulis dan konsisten memperbaiki kualitas karyanya.

2 komentar:

  1. Yeeeey ... tabuh genderang, nyanyi mars EBAT. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiha ... hiha ... ambil napas dulu, mulai hitungan ke-4, ya :v

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan menyapa